YOUR LUCKY NUMBER

Sabtu, 03 November 2012

Bambu Gila, Permainan mistik Indonesia


Sesuai judul, apakah kalian tau apa itu bambu gila? sebagian gue yakin sudah mengetahui tentang permainan tarian yang berasal dari daerah maluku ini, dan ini definisi dari om wiki....


"Bambu Gila adalah permainan rakyat dari warga Maluku.
Permainan ini melibatkan kekuatan supranatural untuk menjalankannya, walaupun tidak diperlukan ritual tertentu. Sebatang bambu dipegang oleh beberapa orang, lalu oleh seorang dukun bambu ini diberi mantera. Lama-kelamaan bambu ini terasa berat hingga orang-orang yang memegangnya berjatuhan ke tanah. Tidak hanya berat, bambu ini bergoyang ke kanan dan ke kiri mengikuti alunan musik. Pelaksanaannya biasanya diiringi dengan musik perkusi."

Cara mainnya itu membutuhkan sebuah Mantra, kemenyan, dan  enam sampai tujuh atau bahkan sembilan pria kuat yang nantinya akan bertarung melawan sebatang bambu dengan panjang sekitar 2,5 meter dan berdiameter 8 cm, merupakan pemandangan menarik yang bisa kalian liat ketika menyaksikan 'bambu gila' di Maluku ini. 

Bambu gila on action

Setelah menyaksikan pertunjukan ini, kalian pasti akan ngerasain pengalaman supranatural yang mungkin jarang atau belum pernah  dirasakan sebelumnya percaya deh. Tarian ini juga dikenal dengan nama Buluh Gila atau Bara Suwen. Pertunjukan ini bisa ditemui di dua desa yaitu Desa Liang, kecamatan Salahatu, dan Desa Mamala, kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah. Di Provinsi Maluku Utara, atraksi yang bernuansa mistis ini dapat dijumpai di beberapa daerah di kota Ternate dan sekitarnya.

 Bambu gila itu dikendalikan oleh gerakan tangan sang pawang yang memegang benda berasap. Jika tangan bergerak ke selatan, maka bambu itu akan bergerak ke selatan. Begitu juga jika tangan pawang bergerak ke arah barat, maka bambu akan bergerak ke arah barat dan untuk memulai pertunjukan ini sang pawang membakar kemenyan di dalam tempurung kelapa sambil membaca mantra dalam ‘bahasa tanah’ yang merupakan salah satu bahasa tradisional Maluku. ketika menggunakan jahe maka jahe itu dikunyah dahulu oleh pawang sambil membacakan mantra lalu disemburkan ke bambu. Fungsi kemenyan atau jahe ini untuk memanggil roh para leluhur sehingga memberikan kekuatan mistis kepada bambu tersebut. 

 Di bantu ya mbah...

Roh-roh inilah yang membuat batang bambu seakan-akan menggila atau terguncang-guncang dan semakin lama semakin kencang serta sulit untuk dikendalikan.

Dulu, di masa Kesultanan Ternate, penduduk menggunakan bambu gila untuk mendorong perahu kora-kora dari daratan ke laut. Beberapa orang mengapit bambu di lengan mereka dan berdiri di belakang kapal. Dengan jampian pawang, bambu pun memiliki kekuatan untuk mendorong kora-kora.

kekuatan bambu tidak hanya datang dari rapalan pawang yang berteriak "gila, gila, gila!" atau “Bara masuen (bambu gila),” “Dadi gogo (benar-benar jadi),” yang artinya bisa disimpulkan sih "Bambu gila! jadi betul-betul!" tapi ya itu, dipengaruhi "asap". Makin banyak asap, semakin besar juga kekuatan si bambu. 

 psstsppstss~ (mantra)

Untuk Bambu yang digunakan merupakan bambu lokal, namun proses memilih dan memotong bambu tidak sembarangan juga, karena dibutuhkan perlakuan khusus katanya. 

Pawang terlebih dahulu meminta izin dari roh yang menghuni hutan bambu tersebut. Bambu kemudian dipotong dengan melakukan adat tradisional, dan Bambu dibersihkan lalu dicuci dengan minyak kelapa kemudian dihiasi dengan kain pada setiap ujungnya.

 Dahulu, bambu langsung diambil dari Gunung Gamalama, gunung api di Ternate, Maluku Utara. Saat ini, tarian bambu gila bahkan sudah dipelajari dan dimainkan di luar pulau Maluku, hebat.

Daaaaan juga Kini fungsi bambu gila selain untuk tradisi, banyak juga di jadikan sebagai permainan tradisional, bahkan para turis yang datang kesana juga suka dengan permainan ini loh teman, nih liat..

  Hey bule-bule Y U pasang muka polos?


Ayo mister..kamu pasti bisa~



 Sorry bro, i'm out.. my encok was kumat




Jadi, apakah kalian bangga dengan negara kita indonesia ini? kalo gue sih bangga dengan budaya-budayanya, beraneka ragam :D

Banyak memang gadget-gadget baru yang bermunculan seiring perkembangan zaman, tapi itu tidak lebih mengasyikan ketimbang permainan-permainan tradisional kita, maka lestarikan budaya indonesia. kalau bukan kita, siapa lagi? #WeLoveIndonesia #CintaBudaya #CintaPermainanTradisional #CintaPacar :d 

satu lagi ! #JanganKlaimBudayaKami ! terimakasih udah baca yaa :)






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jangan sungkan buat Kasih Komentar nya ya